BLOG4TEACHING

2 Dec 2010
Internet Sehat Bikin Hebat choesny 0 Comments

header_blog4teaching

Mengapa namanyaBLOG4TEACHING ? . Dan apa bedanya dengan blog-blog yang ada saat ini ? Apa saja konten dari BLOG4TEACHING sehingga dijadikan contoh sebagai sebuah internet sehat bikin hebat ?

BLOG4TEACHING atau Blog untuk Mengajar merupakan sebuah Model Pembelajaran yang dapat di aplikasikan oleh Guru dalam memberikan materi pelajaran secara online melalui layanan gratis dari sebuah blog. Dikatakan sebuah model karena BLOG4TEACHING adalah sebuah contoh untuk mengoptimalisasi penggunaan blog sebagai sebuah media edukasi yang interaktif yang dapat di akses kapanpun dan dimanapun sepanjang jaringan internet ada dan bisa diakses dengan baik.

BLOG4TEACHING berisikan antara lain :

Modul Semua Mata Pelajaran yang disimpan di akun G-Mail atau lebih dikenal dengan Google Documents dalam format PDF atau DOC atau format lain yang di dukung oleh Google Documents.

Form atau sebuah tool yang memungkinkan Guru membuat sebuah pertanyaan dengan model pilihan ganda atau bersifat deskripsi.

blog4teaching_1

Keterangan :

  1. Anda dapat memasukkan file Document kehalaman posting Anda.
  2. Anda pun dapat menampilkan file Presentasi anda di halaman blog anda.
  3. Demikian juga dengan file Excell, andapun bisa menampilkannya. Misalnya untuk membuat schedule dan lain-lain.
  4. Dengan andanya form, anda bisa membuat sebuah halaman input data sesuai keinginan dan harapan.Misalnya membuat data pengunjung, pertanyaan serta halaman kritik dan saran sesuai keperluan.
  5. Tidak itu saja, untuk materi pelajaran yang bersifat visual, andapun bisa menampilkannya di halaman blog.

Embed yang memungkinkan Guru memposting sebuah Materi Pelajaran dari halaman sebuah website sehingga halaman website yang bersangkutan dapat tampil di halaman BLOG4TEACHING sebagai sebuah posting yang lengkap. Lihat contoh penggunaan embed.

Dengan menjadikan sebuah blog sebagai Model Pembelajaran, akan memberikan kesempatan yang lebih besar kepada siswa untuk lebih mandiri dan siswa lebih aktif dan dinamis dalam belajar.

Manfaat Lebih dari BLOG4TEACHING sebagai model pembelajaran :

  1. Tidak membutuhkan ruang kelas.
  2. Modul Pelajaran dalam format E-Book sesuai Standar Kompetensi yang berlaku dan bisa di download oleh siswa maupun Guru.
  3. Siswa terbiasa melakukan simulasi-simulasi menjawab soal / pertanyaan dan menyelesaikannya dalam waktu yang ditentukan.
  4. Materi Pelajaran yang sederhana dapat di Update via e-mail dari ponsel, sehingga proses belajar online tetap berlangsung walaupun Guru yang bersangkutan berhalangan.
  5. Memberikan dimensi baru dalam proses belajar/mengajar yang lebih efisien, terjangkau dan pemerataan pendidikan yang lebih luas dan transparan.

Kini, saatnya merubah paradigma lama, bahwa mengajar tidak selamanya harus di ruang kelas, mengajar tidak selamanya Guru harus berdiri sekian jam berbicara dan menerangkan pelajaran walau siswa kadang tertidur dan tak mendengarkan. Bila model pembelajaran semacam ini dapat di terapkan bukan tidak mungkin Internet Sehat Bikin Hebat akan melahirkan Guruku Hebat Siswapun Hebat.

Itulah BLOG4TEACHING


TAGS


-

Author

Gemar menulis, berceloteh dan menggambar. Berkhayal dan ber imajinasi tentang masa kecil yang tak terlupakan. Itulah aku.

Search

Recent Post