ngaBLOGburit : Gara-gara Puasa TA-ku selesai

4 Aug 2011
Internet Sehat Bikin Hebat choesny 0 Comments

Wah ! Tema hari ke empat ini gue banget. Bukannya apa-apa atau kenapa-kenapa. Melainkan inipun kisah waktu aku masih kuliah.

Sebenarnya aku rada malas juga meneruskan tulisan dan cerita ini. Namun karena terpanggil oleh panggilan perut laper dan dalam hitungan beberapa jam kedepankita umat muslim akan berbuka puasa. Jadi adrenalinku sedikit terpacu dan memicu semangatku untuk melanjutkan tulisan ini.

Gara-gara puasa lah Tugas Akhirku bisa selesai. Aku kuliah di Fakultas Seni Rupa dan Disain Institut Seni Indonesia Jogjakarta. Waktu itu aku mengambil Tugas Akhir untuk mengejar dan mendapatkan gelar sarjana. Semua ku lakukan untuk bisa membahagiakan orangtuaku. Aku gak mau berlama-lama menyusahkan mereka dengan biaya kuliah yang lumayan memberatkan mereka.

Oleh karena itu, tahun ini aku harus selesai, lulus dan bisa punya penghasilan sendiri.

Tugas Akhirku berupa menyiapkan Pameran Lukisan Tunggal sebanyak 20 karya dengan ukuran yang sudah ditentukan.

Bagi anak-anak seni rupa Tugas Akhir atau TA dalam bentuk Pameran Tunggal adalah yang paling memberatkan. Mulai dari menyiapkan konsep, bahan dan material lukisan sampai dengan menyiapkan karya tulis yang digunakan untuk mempertahankan konsep seni rupa yang kita pegang dan tekuni.

Berat memang, tapi aku harus menyelesaikannya tahun itu juga.

Dan hal terberat adalah ketika itu bulan puasa. Awalnya aku agak sedikit putus asa, karena harus mencari literasi karya tulisku. Tapi rupanya Tuhan berkehendak lain. Aku hanya memohon pada Tuhan agar jalanku untuk bisa menyelesaikan Tugas Akhir ini dipermudahNya. Dan benar saja. Aku banyak mendapatkan pinjaman kanvas dari teman-teman kakak kelas yang sudah lebih dulu lulus. Jadi untuk urusan kanvas lukisan aku sudah masalah lagi.

Tinggal cat dan lainnya. Dan itupun aku harus minjam ke teman-teman dan toko penjual alat-alat lukisan. Sebagai imbalannya lukisan Tugas Akhirku boleh mereka miliki.Di bulan puasa itulah, aku sangat bersemangat dalam melukis. Selesai makan sahur aku langsung melukis dan melukis. Sampai tengah hari kadang aku bisa menyelesaikan tiga karya lukisan. Dalam melukis aku menggunakan cat akrilik yang cepat kering.

Dan setelah lebaran tahun itu baru aku bisa melangsungkan Pameran Tunggalku bersama dengan mahasiswa lain yang kebetulan mendapat jadwal Tugas Akhir.

Dan disusul seminggu kemudian aku mengikuti sidang/ujian untuk mempertahankan konsep lukisanku dihadapan penguji yang berjumlah 5 dosen senior.

Subhanallah !…semua berjalan lancar hingga aku bisa di wisuda walau tanpa kehadiran kedua orangtua ku karena mereka jauh di Sumatera.Terimakasih Ya Allah, gara-gara puasa yang Kau wajibkan, Tugas Akhirku bisa selesai. ^_^..

Bandung, puasa hari ke-4 1432 H


TAGS ngaBLOGburit


-

Author

Gemar menulis, berceloteh dan menggambar. Berkhayal dan ber imajinasi tentang masa kecil yang tak terlupakan. Itulah aku.

Search

Recent Post