ADA ‘GUNA-GUNA; DI PILKADA DKI 2017

13 Apr 2017

Tanggal 19 April 2017 nanti adalah hari penentuan bagi warga DKI untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 5 tahun kedepan. Hanya ada dua pasangan calon hasil dari putaran pertama. Dan tentunya aka ada dua hasil mutlak dari proses pilkada nanti. Jadi Gubernur atau tidak jadi gubernur.

Saudaraku sebangsa dan setanah air. Dua pasang calon Gubernur DKI saat ini adalah putra terbaik negeri ini. Mereka adalah warga DKI pilihan dan mendapat dukungan, baik yang di dukung partai atau yang mendapat dukungan dari warganya. Jakarta harus bangga karena memiliki calon gubernur yang ber-integritas, loyalitas dan menjunjung tinggi semangat kerja keras, semangat kebangsaan dan semangat nasionalis serta memiliki visi kedepan yang baik bagi kemajuan kota Jakarta khususnya.

Saudaraku, para netizen dimanapun saat ini anda berada. Saya bukanlah warga Jakarta yang cerdas, pintar atau berbakat. Saya hanyalah putra bangsa ini. Sayapun bukanlah kader partai ini dan partai itu. Sayapun bukanlah seorang pengamat politik. Saya hanya pecinta seni dan peramu kata-kata.

Mari kita tengok social media kita masing-masing. Banyak bertebaran ‘guna-guna’ yang dilontarkan dari masing-masing pendukung calon gubernur. Baik dalam bentuk status, komentar atau berita hoax yang tak jelas. Saat ini dan beberapa hari kedepan akan banyak bermunculan ‘guna-guna’ yang digunakan tidak pada tempatnya. Sebagai bangsa yang santun dengan tata karma dan tata social mari kita lebih cerdas, lebih terhormat dan lebih bertanggung-jawab dalam menggunakan ‘guna-guna’ di media social, apapun itu bentuknya.

Berikut beberapa rambu-rambu dalam menggunakan ‘guna-guna’ di media social agar kita tetap bisa rukun dalam keanekaragaman budaya.

  1. Gunakan media social sewajarnya saja. Dekatkanlah yang jauh dan bukan jauhkan yang dekat.
  2. Gunakan akal sehat, kritis dan semangat mengkritisi dan mengoreksi secara bijak, arif dan penuh rasa hormat tanpa harus menjatuhkan orang lain.
  3. Gunakan Hak Pilih anda secara baik dan benar tanpa harus mencederain hak pilih orang lain.
  4. Gunakan rasa hormat kita pada orang lain agar orang lainpun menghormati kita.
  5. Gunakan momentum pilkada DKI 19 April 2017 nanti sebagai ground breaking untuk memajukan Jakarta secara utuh dan menyeluruh.

Saudaraku sebangsa dan setanah air, itulah ‘guna-guna’ dari saya. Semoga kita semua bisa menggunakannya secara tepat guna baik di media social maupun di lingkungan social kita masing-masing. Selamat menentukan pilihan ya saudara-saudaraku yang di Jakarta.


TAGS #PilkadaDKI2017


-

Author

Search

Recent Post