BEGINI NIH GUBERNUR DKI DAMBAANKU

17 Apr 2017
Opini choesny 0 Comments

Gubernur, adalah jabatan politik di Indonesia. Gubernur merupakan kepala daerah untuk wilayah provinsi. Selain itu, gubernur juga berkedudukan sebagai wakil pemerintah pusat di wilayah provinsi bersangkutan, sehingga dalam hal ini, gubernur bertanggung jawab kepada presiden. Gubernur DKI memiliki arti dan makna yang mungkin bisa dikatakan ‘lebih’ bila kita bandingkan dengan gubernur di provinsi lain.

Lebihnya adalah karena lebih dekat dengan Ibu Kota Negara. Karena lebih dekat dengan Ibu Kota Negara makanya seorang Gubernur DKI seharusnya memiliki ‘kelebihan-kelebihan’ dibandingkan dengan Gubernur provinsi lain. Mengapa ? Karena beberapa hal, antara lain :

  1. Gubernur DKI akan menjadi barometer pemerintahan bagi gubernur provinsi lain dan bahkan akan menjadi contoh bagi demokrasi dan toleransi antar umat beragama, bersosial dan berbudaya.
  2. Gubernur DKI harus bisa menjadi katalisator bagi sejumlah perbedaan yang lahir dan muncul dari masyarakat DKI yang heterogen dan majemuk sehingga dapat menetralisir setiap gesekan-gesekan yang bisa mencederai rasa kebangsaan, rasa keadilan dan nilai-nilai persatuan.
  3. Gubernur DKI harus bisa menjadi ‘orangtua’ yang berwibawa dan dihormati oleh semua lapisan masyarakat. Keputasan populis haruslah di putuskan secara arif dan bijaksana, terukur dan sesuai porsinya.
  4. Gubernur DKI, sebagai sebuah jabatan politik hendaklah lebih mengutamakan kepenting public dalam arti yang luas ketimbang kepentingan partai politik yang mengusungnya.
  5. Gubernur DKI haruslah bisa memberikan rasa aman, nyaman dan damai bagi semua pelaku usaha. Karena itu rasa aman sangat mutlak diperlukan guna keberlangsungan dunia perdagangan yang pada akhirnya akan berimbas pada jalur distribusi daerah lain.

 

Untuk bisa menjadi Gubernur DKI seperti diatas memang tidaklah mudah. Diperlukan KERJA KERAS YANG LEBIH, sikap mental dan etos kerja yang juga lebih dari Gubernur provinsi lain.

Gubernur DKI juga seorang manusia, sebagai seorang manusia tentunya ada saatnya lupa, lalai dan tergoda oleh fitnah dunia, fitnah harta benda dan fitnah wanita. Oleh karena itu seorang Gubernur DKI haruslah ‘bisa lebih dekat’ dengan para ulama, pendeta atau para pemuka agama. Dengan demikian kekuatan politik dan kekuatan nilai-nilai agamis dapat bersinergi lebih solid lagi.

Itulah Gubernur DKI dambaanku.Titik!


TAGS #Opini


-

Author

Gemar menulis, berceloteh dan menggambar. Berkhayal dan ber imajinasi tentang masa kecil yang tak terlupakan. Itulah aku.

Search

Recent Post