RAMADHAN DATANG TAKJIL MENGHADANG

16 May 2017
PENDIDIKAN choesny 0 Comments

Dalam hitungan hari ummat Islam di seluruh dunia akan menjalani ibadah puasa. Tahun ini entah sudah puasa yang keberapa telah aku alami. Alhamdulillah karena Allah SWT. Masih memberikan umur dan kesehatan untuk bisa memasuki bulan Ramadhan nanti, inshaa Allah. Semoga demikian juga dengan saudara-saudariku ummat muslim dan muslimat dimanapun mereka berada. Aamiin.

Hal terindah dan tak terlupakan bila memasuki bulan Ramadhan adalah Takjilnya. Takjil adalah satu bentuk solidaritas ummat Islam kepada saudara-saudaranya yang berpuasa dan sedang dalam perjalanan pulang. Takjil biasanya dapat kita jumpai di Masjid atau Mushollah dan bahkan di pinggir jalan dari apra pedagang musiman. Tapi apakah Takjil itu ?

sumber : redio.in

Pengertian Takjil
Ada banyak literatur yang bisa kita jumpai prihal Takjil atau Ta’jil. Berikut beberapa rangkuman yang bisa saya sajikan.
Kata Takjil berasal dari bahasa arab yang seharusnya ditulis TA’JIL bukan TAKJIL yang berarti ‘bersegera atau percepat’ . Ta’jil berasal dari kata عَجَّلَ Jika ditashrif akan menjadi : عَجَّلَ – يُعَجِّلُ – تَعْجِيْلاً . ( تَعْجِيْل ) = Menyegerakan berkedudukan sebagai mashdar

Terkait kata ta’jil dalam hadits nabi SAW disebutkan:

لايَزَالُاَلنَّاسُبِخَيْرٍمَاعَجَّلُواالْفِطْرَ
“Terus-menerus manusia berada dalam kebaikan selama mereka masih menyegerakan buka puasa.” (Muttafaqun ‘alaih)

Dalam riwayat Tirmidzi disebutkan dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, Allah Ta’ala berfirman, “Hamba yang paling dicintai di sisi-Ku adalah yang menyegerakan waktu berbuka puasa.”
Sumber : rumaysho[dot]com

Kata TAKJIL berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia ber-arti ‘Mempercepat atau penyegeraan’ dalam berbuka puasa. Hanya saja berbeda dalam penulisan, yang seharusnya Ta’jil huruf mati dari Ain (ع) dalam kamus KBBI ditulis huruf mati dari Kaf (ﻙ) menjadi Takjil.

Jadi Takjil itu sebenarnya adalah perilaku atau tindakan atau perbuatan dalam rangka menyegerakan, mempercepat untuk berbuka puasa– mohon dikoreksi jika salah– Jadi biasakanlah untuk menyegerakan berbuka puasa jika memang sudah waktunya untuk berbuka puasa. Sedangkan cendol, kurma, es campur dan lain sebagainya adalah nama-nama manakan dan minuman yang biasa di hidangkan disaat buka puasa.


TAGS #Opini


-

Author

Gemar menulis, berceloteh dan menggambar. Berkhayal dan ber imajinasi tentang masa kecil yang tak terlupakan. Itulah aku.

Search

Recent Post