APA RESOLUSI MU DIBULAN RAMADHAN NANTI TEMAN ?

19 May 2017
Opini choesny 0 Comments

Sebagaimana seorang atlit. Apakah atlit renang, atlit sepak bola, atlit gulat dan atlit lainnya ketika akan masuk arena lapangan akan selalu melakukan sedikit pemanasan. Melakukan beberapa gerakan peregangan dan gerakan-gerakan ringan dengan maksud dan tujuan agar ketika sudah berada di arena lapangan tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Misalnya cedera otot, kejang otot atau lain sebagainya.

Demikian pula halnya ketika kita ummat Islam akan memasuki bulan Ramadhan, maka dibutuhkan beberapa persiapan-persiapan. Ada banyak persiapan-persiapan yang bisa kita persiapkan sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Persiapan yang yang kalah pentingnya adalah persiapan pengetahuan kita tentang puasa itu sendiri. Keutamaan-keutamaan amalan yang harus diperbanyak ketika berada di bulan suci Ramadhan.

Yuk, mari kita up grade lagi pengetahuan kita tentang infaq. Kita tambah lagi khazanah pengetahuan kita tentang sodaqoh. Kita tambah lagi literasi kita tentang sholat-sholat sunnah dan sholat wajib. Yuk kita perbaharui lagi ke ilmuah kita tentang membaca Al-Qur’an. Tentang meng khatamkan Al-Quran. Yuk kita up-grade lagi software rohani kita dalam menyikapi puasa di bulan Ramadhan ini.

Dengan memperbaharui ke-ilmuan kita tentang puasa inshaa Allah akan menambah lagi semangat kita untuk bisa berpuasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga semata. Tidak hanya merubah jam makan siang saja. Tidak menjadikan puasa sebagai hambatan dalam bekerja. Tapi menjadikan puasa sebagai lahan panen amalan dan ibadah. Karena ada rahasia Allah dibalik setiap amalan-amalan dan kebaikan yang dilakukan di bulan Ramadhan. Karena Allah akan melipat gandakan pahala.

Ada tiga fase yang terkandung dalam bulan Ramadhan. Yakni 10 hari pertama, 10 hari kedua dan 10 hari ketiga.

Pada 10 hari pertama di Bulan Ramadan adalah Rahmat. Pada 10 hari itu, banyak sekali rahmat yang diturunkan Allah kepada kita. Oleh krena itu sebaiknya di 10 hari pertama ini, kita byk berdoa dan beribadah kepada Allah agar setiap hari kita berada di dalam rahmatNya.

Kemudian 10 hari kedua di Bulan Ramadhan adalah maghfirah, Pada 10 hari kedua bnyak sekali dosa yg diampunkan bila kita bertaubat. Pada 10 hari kedua hendaklah kita memperbanyak sholat malam, berdoa dan dzikir,serta banyak2 bermuhasabah diri/bertaubat nasuhah. Karena pada sepuluh hari kedua ini adalah kesempatan kita untuk mengurangi dosa-dosa yang sudah kita perbuat. Dan hendaknya kita berdoa dan dzikir untuk memohon ampunan Allah agar di ampuni dari dosa-dosa dan di jauhkan dari siksa api neraka

Dan sepuluh hari terakhir di Bulan Ramadhan adalah penghindaran diri dari siksa api neraka. Sepuluh hari terakhir inilah kesempatan kita untuk menyucikan diri kita dan banyak2 berdoa agar kita senantiasa dihindarkan dari api neraka. Pada 10 hari terakhir ini terdapat pula malam lailatul Qadr, yaitu malam yang lebih mulia dari seribu bulan (QS. Al-Qadr). Oleh karena itu, hendaknya di 10 hari terakhir, kita benar – benar berjuang untuk mendapatkan lailatul Qadr. Inshaa Allah mudah2an bisa.

Caranya Banyak sekali. Yaitu dengan memperbanyak dan memperintens ibadah kita, salah satu caranya adalah dengan itikaf di Masjid. (Sumber :birohmah.unila.ac.id ) 

Oleh karena itu, mari jadikan puasa Ramadhan tahun ini sebagai sebuah obsesi atau resolusi amalia apa yang akan kita perbanyak di bulan Ramadhan nanti. Semoga kita semua dapat menjalani ibadah puasa Ramadhan dengan tenang, khusuk dan damai. Aamiin.


TAGS #Opini


-

Author

Gemar menulis, berceloteh dan menggambar. Berkhayal dan ber imajinasi tentang masa kecil yang tak terlupakan. Itulah aku.

Search

Recent Post