NGABUBURIT SERU MENURUT SUKU KATA

7 Jun 2017
Opini choesny 0 Comments

Apa sih serunya ngabuburit itu ?

Tidak ada yang tahu kapan persisnya istilah “ngabuburit” ini mulai di populerkan. Yang jelas istilah “ngabuburit” akrab terdengar ketika bulan puasa. Sebuah aktivitas masyarakat ketika menunggu bedug maghrib sebagai tanda untuk berbuka puasa.

Biar tambah seru, mari kita bongkar “ngabuburit” menurut suku katanya. Ada empat suku kata dari “NGABUBURIT”, yakni NGA-BU-BU-RIT. Hehehe….

NGA. Adalah aktivitas NGAlor-ngidul alias kesana kemari. Mulai dari ujung utara ke ujung selatan. Atau kesana kemari mulai dari barat ke timur menurut arah mata angin. Pada prakternya kegiatan “ngalor-ngidul” adalah sebuah istilah yang menunjukkan aktivitas sesorang yang mobilitasnya tinggi dan berulang. Dan ngalor-ngidul yang paling asyik tuh adalah di Mall. Mengapa ? Mungkin karena hawanya sejuk. Hawa sejuk inilah yang sedikit membantu rasa haus ketika kegiatan ngalor-ngidul ini dilakukan.

Disamping ngalor-ngidul di Mall itu asyik, kita juga bisa melakukan window shopping dan menandai apa-apa saja yang bisa kita beli nanti ketika THR sudah cair. Cieh cieeeeeh…..Zakat Mall niyeeee….

BU. BUat aktivitas yang tidak membosankan. Ya, ngabuburit yang enak tuh bisa di isi dengan aktivitas yang tidak membosankan. Aktivitasnya bisa bermacam-macam. Misalnya bermain ular tangga, bermain monopoly atau jenis permainan lain yang tidak menguras energy dan keringan. Yang penting BUatlah aktivitas yang bersifat fun dan enjoy.

BU.BUdayakan membaca Al-Qur’an. Budayakan untuk menyempatkan diri membaca Al-Quran atau tadarusan. Kegiatan ini bisa dilakukan di rumah. Sempatkan beberapa menit sebelum bedug maghrib. Misalnya 1 jam sebelum bedug maghrib. Bisa dilakukan secara bersama-sama dengan anggota keluarga atau ketika acara buka bersama dengan teman-teman.

RIT. Nah ini dia. Setelah selesai membaca Al-Qur’an dan tiba waktunya berbuka puasa, maka berbukalah yang iRIT. Artinya ketika berbuka puasa jangan boros. Jangan semua menu yang terhidang di lahab semua alias balas dendam. Untuk itu beri ruang kosong di perut kita sekitar sepertiganya. Sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk air dan sepertiga lagi untuk udara. Itulah NGABUBURIT seru menurut suku-kata.


TAGS #Opini


-

Author

Gemar menulis, berceloteh dan menggambar. Berkhayal dan ber imajinasi tentang masa kecil yang tak terlupakan. Itulah aku.

Search

Recent Post